Home » » Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Jaringan LAN

Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Jaringan LAN


Cara Membuat Kabel Straight dan Cross
Pada Jaringan LAN MAN dan WAN ada 3 jenis kabel yang dapat digunakan yaitu Kabel UTP, Coaxial dan Fiber Optik. Untuk kabel UTP ada 2 tipe yaitu kabel straight dan cross yang mempunyai perbedaan fungsi dan urutan warna pada saat crimping kabel dan memakai konektor RJ 45.

Kali ini saya akan share Cara Membuat Kabel UTP Straight dan Cross Untuk Jaringan LAN, silahkan ikuti langkah langkah berikut buat sobat yang ingin mengkrimping kabel.


Kegunaan Kabel Straight dan Cross

Kabel lan UTP Straight dapat digunakan / berfungsi untuk cara :
1. Menghubungkan komputer dengan switch
2. Menghubungkan komputer dengan modem DSL
3. Menghubungkan router dengan modem DSL
4. Menghubungkan switch dengan router
5. Menghubungkan hub dengan router

Kabel lan Cross Over dapat digunakan / berfungsi untuk cara :
1. Menghubungkan komputer dengan komputer
2. Menghubungkan switch dengan switch
3. Menghubungkan hub dengan hub
4. Menghubungkan switch dengan hub
5. Menghubungkan komputer dengan router

Dari 8 buah kabel yang ada pada kabel UTP ini (baik pada kabel straight maupun cross over) sebenarnya hanya 4 buah saja yang digunakan untuk mengirim dan menerima data, yaitu kabel pada pin no 1,2,3 dan 6 sedangkan yang lainnya tidak perlu.

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Alat Dan Bahan Yang Diperlukan :
 

1. Tang Krimping
2. Alat Pengupas Kabel
3. Konektor RJ45
4. Kabel UTP
5. Kabel Tester

Pertama Mengupas Kabel UTP

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Kupas bagian luar kabel dengan alat pengupas kabel sekitar 3 cm atau lebih , mengupas kabel juga bisa memakai tang krimping pada bagian dua buah silet yang saling berhadapan. Dan pastikan kabel dalamnya tidak terpotong karena bisa menyebabkan tidak konek/terhubung nanti.

Pisahkan kabel yang sudah di kupas
 
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Pisahkan dan rapikan kabel - kabel yang saling mengikat.

Mengurutkan Kabel Straight dan Cross
 
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Gambar di atas adalah Urutan Kabel Straight 

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Sedangkan gambar ini adalah Urutan Kabel Cross

Meluruskan dan meratakan ujung kabel

Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Potong ujung-ujung kabel yang tidak rata menggunakan tang krimping  pada bagian yang memiliki 1 buah pisau dan sebuah bagian datar, usahakan kabel-kabel tersebut panjangnya setelah dipotong tidak lebih dari 1 cm.

Memasukkan kabel ke konektor RJ45
 
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Masukkan kabel ke konektor RJ45 dengan kabel warna putih orange atau putih hijau di ujung kiri konektor jika seperti pada gambar di atas dan sebaliknya. Usahakan ujung-ujung kabel terlihat di bagian depan konektor. Dan pastikan juga pembungkus kabel luar masuk sebagian ke dalam konektor RJ45nya supaya tidak bergeser.

Mengkrimping kabel
 
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross

Setelah yakin posisi kabel tidak berubah dan kabel sudah masuk dengan baik ke konektor RJ45 selanjutnya mengkrimping kabel dengan menggunakan tang krimping seperti pada gambar diatas, usahakan tekan sekuat tenaga supaya pin konektor dapat menembus pelindung kabelnya.

Membuat ujung kabel yang satunya lagi

Lakukan langkah-langkah di atas untuk ujung kabel yang satunya lagi yaitu kalau Straight ujungnya sama keduanya, sedangkan yang cross ujungnya berbeda. Kabel Straight biasanya fungsinya untuk menghubungkan komputer ke switch/hub atau sebaliknya, sedangkan kabel Cross fungsinya untuk menghubungkan komputer dengan komputer, maupun switch dengan switch itulah yang menyebabkan urutan kabelnya berbeda karena fungsinya juga berbeda.

Mengecek / Tes kabel dengan Kabel Tester
 
Cara Membuat Kabel Straight dan Cross
Tes kabel dengan menggunakan Kabel Tester lihat jika lampu yang ada pada tester induk dan anak  menyala sesuai dengan urutan kabel straight maupun kabel cross berarti mengkrimping kabel tadi berhasil. Dan jika lampu menyala tidak pada aturannya dan jika ada lampu yang mati berarti mengkrimping kabel tersebut telah gagal dan harus diulang kembali mulai awal.

Semoga Bermanfaat
 

6 comments:

Powered by Blogger.